Cara Mengatasi Penyakit Mata Silinder Secara Alami

Tak perlu khawatir bila mata Anda terkena kondisi silinder karena ada beberapa langkah yang bisa dianggap sebagai cara ampuh untuk mengatasinya, seperti di bawah ini:


- Kompres Mata Menggunakan Air Hangat

Kompres mata adalah cara yang mudah dan bisa dilakukan ketika Anda tengah memiliki waktu senggang di rumah. Gunakan air hangat untuk mengompres mata setiap hari dan biarkan mata rileks tanpa bergantung dengan kacamata maupun lensa kontak. Kompres mata adalah cara alami yang akan membantu mengurangi ketegangan pada mata dan membuatnya lebih lentur.

- Olahraga Mata

Sebelum tidur maupun saat bangun tidur, cobalah untuk membuat mata Anda aktif dengan melatihnya supaya lentur. Buka mata supaya oksigen yang didapatkan pun cukup, hanya dengan menggerakan kedua mata ke kanan dan ke kiri, lalu biarkan pandangan mengarah lurus ke depan. Lanjutkan dengan menekan perlahan kedua pelipis mata kiri dan kanan menggunakan dua tangan Anda, kemudian berilah pijatan lembut yang memutar seperti arah jarum jam. Jangan ketinggalan untuk memberikan pijatan juga di belakang kepala bagian bawah.

- Menjauhi Kebiasaan Buruk

Untuk membuat kondisi mata tak bertambah serius, cobalah untuk menjauhkan diri dari kebiasaan tak sehat untuk mata, seperti membaca terlalu dekat, membaca terlalu lama, membaca di tempat gelap, menonton TV terlalu dekat, serta terlalu lama di depan komputer (entah itu bermain game atau browsing internet). Semua kegiatan ini akan menambah tingkat keletihan pada mata Anda.

- Operasi Lasik

Prosedur ini cukup umum dan kerap ditempuh oleh orang-orang penderita mata silinder di mana laserlah yang digunakan untuk mengubah bentuk kornea. Lapisan permukaan kornea pada awalnya akan dibuka dengan menggunakan keratom yang merupakan alat khusus. Baru selanjutnya pemakaian laser untuk dapat memberikan perubahan bentuk lapisan kornea yang letaknya ada di bagian bawah lapisan yang sudah dibuka. Baru setelah itu prosedur penutupan dilakukan.

- Menjaga Kebersihan Mata

Mata yang selalu terjaga kebersihannya adalah yang terbaik karena ini juga akan otomatis mengurangi risiko bertambah parahnya gangguan kesehatan mata. Dengan memanfaatkan kapas yang sudah Anda rendap di air bersih, Anda bisa mulai menyeka mata yang diawali dari sisi kiri ke kanan dengan satu kali usap; ini salah satu cara menjaga kesehatan mata yang ampuh dengan berfokus pada kebersihannya. Dua kali usap justru akan membuat kotoran menempel di mata dari proses pengusapan yang pertama. Jika menggunakannya 2 kali juga akan memicu terjadinya luka di bagian mata.

- Mengonsumsi Suplemen untuk Kesehatan Mata

Bila biasanya suplemen dikonsumsi untuk menyehatkan organ dalam tubuh dan menjaga supaya daya tahan tubuh tetap bugar, ada juga tersedia suplemen yang memberikan nutrisi atau gizi lebih bagi kesehatan mata. Mata silinder dapat terjadi ketika seseorang mengalami kekurangan gizi pada mata. Suplemen untuk mata cukup mudah ditemukan di apotek terdekat maupun toko-toko obat, jadi Anda tinggal memiliki mana suplemen mata yang paling baik dan tentunya sesuai dengan anjuran dari dokter mata Anda.

- Mengonsumsi Buah Berkandungan Vitamin C

Mengonsumsi buah serta makanan yang mengandung vitamin C paling tinggi sangat baik untuk pencegahan dari mata silinder tanpa menempuh jalur operasi. Buah-buahan dengan kandungan vitamin C tinggi antara lain adalah markisa, jeruk bali, lemon, stroberi, jeruk dan juga anggur. Ada beragam kenis kerusakan mata yang disebabkan nutrisi yang kurang dan buah-buahan ini akan bakal mampu menjaga sekaligus meningkatkan kesehatan mata Anda.

- Menggunakan Daun Sirih

Gejala Mata silinder rupanya juga dapat ditangani dengan memanfaatkan daun sirih, berikut juga untuk mengatasi mata minus. Daun sirih memiliki minyak atsiri di dalamnya yang memainkan peran sebagai antioksidan, antiseptik dan anti jamur. Cara pertama yang bisa Anda coba adalah daun sirih dapat ditempelkan ke permukaan mata saat tengah tidur, sementara cara kedua bisa dengan menyelupkannya ke air panas. Tunggu sampai air berubah hangat, Anda bisa menggunakannya untuk membersihkan atau membilas mata; cukup dengan mata dikedip-kedipkan di permukaan air daun sirih tersebut.

- Mengonsumsi Sayuran Hijau

Sayuran hijau, seperti misalnya daun kale, sawi hijau, bayam, selada dan kangkung adalah bahan makanan sehat yang tak hanya bagus untuk kesehatan tubuh, melainkan juga dapat meningkatkan kesehatan mata, terutama silinder, minus dan katarak. Kandungan zeaxanthin dan juga luteinnya sangat baik sebagai solusi pencegahan terbentuknya lapisan di kornea mata. Kacang polong dan brokoli juga patut untuk dipertimbangkan untuk dikonsumsi karena antioksidannya yang tinggi.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi penyakit mata silinder secara alami, semoga bermanfaat.

Artikel Terkait Cara Mengatasi Penyakit Mata Silinder Secara Alami :

Diberdayakan oleh Blogger.